Macam Macam Adat Batak dan Fungsinya

Upacara Adat Batak Toba ; 

  1. Upacara Adat Batak Mangirdak atau Mangganje atau Mambosuri (adat tujuh bulanan) Upacara Adat Mangirdak adalah suatu Upacara yang diperuntukkan kepada Seorang Ibu yang sedang Mengandung Bayi yang Usia Kandungan Bayi yang akan Lahir tersebut sudah mencapai Tujuh Bulan.
  2. Upacara Adat Batak Martutu Aek Upacara Adat Martutu Aek adalah suatu Upacara yang diperuntukkan untuk Pemberian Nama dari Bayi yang sudah seharusnya diberi Nama oleh Pihak Keluarga,Sayangnya Upacara ini sudah Jarang dilakukan oleh Orang Suku Batak karena Bertentangan dengan Ajaran Agama.
  3. Upacara Adat Batak Mangharoan Upacara Adat Mangharoan adalah suatu Upacara yang dilakukan setelah Kelahiran Seorang Bayi yang sudah Berumur Dua Minggu,untuk Menyambut Bayi tersebut ke Satu Keluarga yang Baru.
  4. Upacara Adat Batak Hamatean Upacara Adat Hamatean adalah suatu Upacara Adat Batak untuk Kematian,Upacara Adat Batak ini disesuikan dengan Adat Batak Toba,Apakah Adat Batak yang akan dibuat untuk Kematian Seseorang tersebut.Hal ini berhubungan dengan beberapa Jenis Upacara Adat Batak untuk Kematian,Ada Sari Matua,Saur Matua,Maulibulung dan lain-lain.
  5. Upacara Adat Batak Manulangi Upacara Adat Manulangi adalah suatu Upacara yang diperuntukkan kepada Orang Tua yang sudah Lanjut Usia,kegiatan Menyuapi/Menyulangi ini dilakukan oleh Anak dan Cucu dari Orang Tua yang sudah Lanjut Usia tersebut,Makanan yang diberikan merupakan Makanan yang di Sukai Orang Tua tersebut atau Makan Terbaik yang bisa diberikan oleh Anak dan Cucu.
  6. Upacara Adat Batak Mangongkal Holi Upacara Adat Mangongkal Holi adalah suatu Upacara Adat Panggilan Tulang Belulang Orang Tua yang sudah Meninggal,dan Tulang dari Orang Tua tersebut dimasukkan ke dalam Tugu atau Monumen untuk Menghormati Orang Tua yang telah Meninggal Dunia.
  7. Upacara Adat Batak Marhajabuan Upacara Adat Marhajabuan adalah suatu Upacara Adat Pernikahan sesuai dengan Adat Batak Toba,Marhajabuan Artinya Berumah Tangga Maksud dan Tujuannya Agar setiap Masyarakat Batak yang Berumah Tangga harus melalui sebuah Pesta Adat,Tidak boleh hanya di Baptis di Gereja atau hanya sekedar Akad Nikah saja,Upacara Marhajabuan harus juga disertakan dalam Kegiatan atau Acara Pernikahan tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Perkawinan Yang Dilarang Adat Batak Toba

Umpasa Dohot Umpama Batak

Mangungkap Hombung