Pomparan Siraja Hutagalung



Siraja Hutagalung Dohot Pinomparna
            Siraja Hutagalung merupakan anak ketiga dari pada keturunan Guru Mangaloksa. Guru Mangaloksa sendiri merupakan keturunan dari pada Raja Hasibuan, Guru Mangaloksa menikahi boru Pasaribu yang berdiam di Rura Silindung. Raja Hutagalung memiliki dua orang abang yakni Raja Nabarat sekarang lebih dikenal dengan Hutabarat dan yang kedua adalah Panggabean. Adik dari pada Raja Hutagalung adalah Raja Hutatoruan. Oleh karena itu pinompar Guru Mangaloksa ada empat, maka karena inilah Raja Hutagalung sebagai pomparan si opat Pisoran. Pomaparana Si Opat Pisoran yakni sebagai berikut :
  1. Raja Nabarat
  2. Raja Panggabean
    • Simorangkir
  3. Raja Hutagalung
  4. Raja Hutatoruan
    • Lumbantobing
    • Hutapea  
            Bona Pasogit marga Hutagalung berada di Desa Siraja Hutagalung, Kec. Siatas Barita Kab. Tapanuli Utara, Marga Hutagalung juga merantau ke daerah Lobu Singkam Tapanuli Utara, Kota Sibolga, Kab. Tapanuli Tengah hingga keseluruh dunia.
Siraja Hutagalung memiliki dua orang anak yakni Miralopak dan Raja Ina-ina. Miralopak memiliki dua anak yakni Datu Harean dan Tuan Napitu. Serta Raja Ina-ina memiliki empat orang anak yakni Raja Inum, Datu Sorga, Bulung Motung dan Partumbus.
            Datu Harean memiliki empat anak yakni Datu Mulia, Datu Nalimuton, Ompu Nihobol dan Siboru Oloan yang merupakan boru dari pada Datu Harean. Serta tuan Napitu memiliki tiga anak yakni Ompu ni Ujung Oloan, Namora Tonggor dan Datu Timpus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Perkawinan Yang Dilarang Adat Batak Toba

Umpasa Dohot Umpama Batak

Mangungkap Hombung